Pemdes Tamanarum Bentuk Tim Relawan Desa Tanggap COVID-19

Pemdes Tamanarum Bentuk Tim Relawan Desa Tanggap Covid-19

Tamanarum – Berdasar Surat edaran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomer 8 tahun 2020 tentang desa tanggap covid-19 dan penegasan padat karya tunai desa(PKTD), serta surat edaran Gubernur jawa timur nomer 411.2/2811.2/2020 tentang pencegahan dan pengendalian covid-19 di desa, dan surat edaran bupati magetan nomer: 140/3.736/404.112.2/2020 tentang pencegahan dan pengendalian covid-19  lingkup pemerintah desa di Magetan.

Pemerintah Desa Tamanarum bergerak  membentuk relawan desa tanggap covid-19 dengan melibatkan semua unsur pemerintah desa di bantu aparat. Tugas relawan ini  akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait covid-19 baik gejala,cara penularan maupun langkah-langkah pencegahannya.mendata penduduk rentan sakit,melakukan identifikasi fasilitas desa yang dijadikan sebagai ruang isolasi,melakukan penyemprotan disinfektan serta menyediakan  cairan pembersih tangan di tempat umum.

Selain itu,kata kepala desa Tamanarum, Lanjar Karni, relawan juga melakukan deteksi dini penyebaran covid-19 dengan memantau pergerakan masyarakat melalui pencatatan tamu yang masuk desa,pencatatan keluar masuknya warga desa setempat ke daerah lain, pendataan warga desa yang datang dari perantauan,serta pemantauan perkembangan orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP). “Ditambah memastikan tidak ada kegiatan warga berkumpul dan atau kerumunan banyak orang seperti pengajian, pernikahan, tontonan atau hiburan” tegasnya. (6/4/2020)

Untuk melaksanakan itu semua, lanjutnya, Pemerintah Desa Tamanarum akan melakukan kordinasi secara intensif dengan Pemerintah Kabupaten dalam hal ini dinkes, DPMD dan BPBD. Posko relawan desa tanggap bencana covid-19 ini bertempat di Kantor Desa tamanarum,jika masyarakat hendak melapor ataupun berkordinasi silahkan ke Balai Desa setempat. (MK)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top